Katsuko Saruhashi, Sosok Wanita Inspiratif Yang Suka Melamun

0
38
Katsuko-Saruhashi

Katsuko Saruhashi, mungkin sebuah nama yang masih terdengar asing, nih bagi kebanyakan orang Indonesia. Tapi, apa istimewanya beliau sih kok bisa menjadi Google Doodle hari ini, 22 Maret 2018? Hari ini, kamis 22 maret 2018 Google menghadirkan halaman muka dengan sosok Katsuko Sarusashi.

Katsuko Saruhashi adalah sosok wanita yang menginspirasi dan memang pantas apabila tampil pada halaman muka Google hari ini.

Beliau adalah tokoh wanita yang menjadi inspirasi dunia karena temuannya dalam bidang ilmu bumi, khususnya bidang geochemist. Katsuko Surahashi berhasil mematahkan kerangka sains yang selama ini selalu didominasi oleh kaum adam.

“Ada banyak wanita yang memiliki kemampuan untuk menjadi ilmuwan hebat. Saya ingin melihat hari ketika wanita dapat berkontribusi pada sains dan teknologi yang setara dengan pria” salah satu perkataannya yang menginspirasi banyak orang.

Tapi, ada sebuah cerita unik dibalik sosok wanita yang menjadi tokoh dan menginspirasi banyak orang ini. Langkah besarnya dalam ilmu pengetahuan ternyata bermula dari sebuah kisah sederhana yang mungkin terdengar sedikit lucu.Katsuko-Saruhashi

Semua bermula saat ia sedang berada dalam bangku Sekolah Dasar. Sama seperti bocah kecil pada umunya, ia sering sekali melamun saat pelajaran yang dianggapnya membosankan. Saat sedang bosan dengan mata pelajaran yang ditemuinya, ia memandang ke arah jendela dan melihat turunnya hujan. Dari situlah timbul pertanyaan dalam benaknya apa yang menjadi penyebab turunya hujan.

Siapa yang menyangka, karena melamun dan pertanyaan sederhana itu akhirnya menjadi sebuah awal perjalanan yang mengantarkannya menjadi wanita pertama dengan gelar doktor dalam bidang kimia di Universitas Tokyo tahun 1957.Katsuko-Saruhashi

Tak cukup sampai disitu, dia juga menjadi orang pertama yang melakukan pengukuran sangat akurat konsentrasi asam karbonat di dalam air berdasarkan tingkat pH, suhu, dan klorinitas. Penelitian ini akhirnya melahirkan “Tabel Saruhashi” yang menjadi salah satu metodologi yang digunakan para ahli kelautan dari seluruh dunia.

Selama masa hidupnya, Katsuko Saruhashi mendapatkan banyak sekali prestasi dan menjadi wanita yang mengisnpirasi banyak orang di seluruh dunia hingga saat ini. Dengan jasa yang begitu banyak memang layak apabila beliau mendapatkan sebuah penghargaan pada hari ulang tahunnya.

Yups, itulah kisah inspirasi yang ternyata berawal dari hal kecil. Semoga bisa menginspirasi kamu dan jangan lupa berbagi informasi ini, ya.

Pilihan tempat wisata
Tempat Wisata

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.